Sabtu, Oktober 18, 2008

Membuat Repository Lokal pada keluarga Linux Ubuntu

Pada artikel sebelumnya, saya memaparkan cara membuat repository untuk PCLinuxOS. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang pembuatan repository di Ubuntu dan varian-variannya (seperti Kubuntu, Ubuntu Muslim Edition, Blankon dll.).

Setelah memanggil tool Adept Installer/Manager untuk penambahan aplikasi, maka kita akan disuguhi dengan daftar berbagai aplikasi tambahan yang dapat ditandai untuk kemudian dipasang oleh Sistem. Secara default, aplikasi-aplikasi tersebut berada di beberapa situs internet yang tentunya otomatis akan didownload sesuai dengan pilihan yang ditandai tadi. Oleh karena itu penambahan aplikasi membutuhkan posisi online dengan internet.Sebagai alternatif, kita bisa membeli DVD repository pada beberapa situs lokal. Kemudian setelah mendapatkannya, penambahan aplikasi menjadi mudah dan cepat karena tidak perlu koneksi online lagi.

Sebagai contoh, repository Ubuntu 8.04 (dikenal sebagai Hardy Heron) terdiri dari 5 DVD. Diasumsikan bahwa anda memiliki space harddisk yang cukup besar sehingga keseluruhan isi DVD tersebut dapat disalin ke harddisk. Langkah-langkah untuk membuat repository tersebut adalah :

1. Mendapatkan ke-5 DVD tersebutAnda bisa mendapatkannya dengan cara membeli, meng-copy dari teman atau mendownload (kalau memungkinkan)

2. Salin seluruh isi DVD pada sebuah folder. Misalnya foldernya adalah :
/data/repopcl/dvd1
/data/repopcl/dvd2
/data/repopcl/dvd3
/data/repopcl/dvd4
/data/repopcl/dvd5

3. Buka file /etc/apt/sources.list Kasih komentar untuk seluruh baris, dengan memberikan karakter '#' pada baris-baris yang belum ditandai. Atau lebih ekstrim lagi : kosongkan aja filenya, namun untuk jaga-jaga sebaiknya dibackup/dicopy dulu ke file lain, siapa tau kapan-kapan perlu. Ketikkan pada file tersebut, lalu simpan :

deb file:///data/repopcl/dvd1 hardy main restricted
deb file:///data/repopcl/dvd2 hardy main multiverse universe
deb file:///data/repopcl/dvd3 hardy universe
deb file:///data/repopcl/dvd4 hardy universe
deb file:///data/repopcl/dvd5 hardy universe

4. Dari user root :

# apt-get update

Atau dari user selain root : $ sudo apt-get update

5. Selesai !
Silakan panggil tool Adept Installer/Manager, dan selamat menikmati hasil kerja anda !

Tidak ada komentar: