Minggu, September 21, 2008

Membuat Repository PCLinuxOS pada PC yang sama

PCLinuxOS menyediakan repository yang berisi ribuan aplikasi yang dapat diinstall untuk menambah fitur-fiturnya. Tool yang GUI untuk menambah aplikasi bernama Synaptic.
Setelah memanggil tool Synaptic, maka kita akan disuguhi dengan daftar berbagai aplikasi tambahan yang dapat ditandai untuk kemudian dipasang oleh Sistem. Secara default, aplikasi-aplikasi tersebut berada di beberapa situs internet yang tentunya otomatis akan didownload sesuai dengan pilihan yang ditandai tadi. Oleh karena itu penambahan aplikasi membutuhkan posisi online dengan internet.
Sebagai alternatif, kita bisa memesan DVD repository pada beberapa situs lokal, silakan tanya sama om google untuk dapat situsnya. Kemudian setelah mendapatkannya, penambahan aplikasi manjadi mengasyikkan karena nggak perlu repot-repot terkoneksi ke internet, kecuali bagi anda yang memang punya sambungan dan bandwidth yang besar, wah itu sih nggak masalah nggak punya DVDnya juga, langsung aja dari internet.

Sebagai contoh, PCLinuxOS 2007 terdiri dari 3 DVD. Diasumsikan bahwa anda memiliki space harddisk yang cukup besar sehingga keseluruhan isi DVD tersebut dapat disalin ke harddisk.
Nah langkah-langkah untuk membuat repository tersebut adalah :
1. Mendapatkan ke-3 DVD tersebut (lha iya lah).
Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli, mengcopy dari teman atau mendownload (kalau memungkinkan)
2. Salin seluruh isi DVD pada sebuah folder. Misalnya foldernya adalah :
/data/repopcl/dvd1
/data/repopcl/dvd2
/data/repopcl/dvd3
3. Buka file /etc/apt/sources.list
Kasih komentar untuk seluruh baris, dengan memberikan karakter '#' pada baris-baris yang belum ditandai. Atau lebih ekstrim lagi : kosongkan aja filenya, namun untuk jaga-jaga sebaiknya dibackup/dicopy dulu ke file lain, siapa tau kapan-kapan perlu.
Ketikkan pada file tersebut, lalu simpan :
rpm file:///data/repopcl/dvd1/ pclinuxos/2007 main extra sam
rpm file:///data/repopcl/dvd2/ pclinuxos/2007 extra nonfree kde kde4
rpm file:///data/repopcl/dvd3/ pclinuxos/2007 extra

4. Dari user root :
# apt-get update
Atau dari user selain root :
$ sudo apt-get update
5. Selesai !

Silakan panggil tool Synaptic, dan selamat menikmati hasil kerja anda !

Tidak ada komentar: