Minggu, September 21, 2008

Saya dan Linux

Sudah beberapa tahun saya menggunakan Linux, walaupun hanyalah sebagai pemakai biasa he..he...
Mula-mula saya mencoba Redhat, Mandrake, Suse dan pernah juga CorelLinux.
Begitu tingginya semangat mencoba-coba, maka dalam satu PC saya isi dengan berbagai Sistem Operasi sehingga setiap boot saya punya beberapa pilihan.

Saat ini di rumah saya lebih banyak memakai PCLinuxOS dan keluarga Ubuntu untuk kegiatan sehari-hari.

Saya bukan anti pada Windows, namun sedapat mungkin ingin menghindari penggunaan program bajakan. Di salah satu komputer yang saya miliki malahan menggunakan Ms. Windows karena memang dulu pas beli sepaket dengan lisensi Windowsnya. Tapi untuk pekerjaan-pekerjaan administrasi, di komputer tersebut saya install-kan OpenOffice.Org yang versi Windows. Wah sudah gratis luar biasa pula kemampuannya ! Jadi OS-nya Windows, aplikasi-aplikasinya yang free aja deh.

Saya mesti berterimakasih pada komunitas yang mendukung pengembangan Linux beserta aplikasi-aplikasinya, karena walaupun produk-produknya free tapi sungguh dapat digunakan secara nyata untuk kebutuhan saya dan sekian banyak pemakai lainnya.

Mungkin logika anda bingung, koq bisa ada barang sedemikian bagus bisa gratis, aneh banget ! Wah itu sih ada cerita sendiri kenapa bisa begitu...

Tidak ada komentar: